6 Fakta Yang Harus Disyukuri Jamaah Haji Indonesia

6 Fakta Yang Harus Disyukuri Jamaah Haji Indonesia

admin No Comment
Kegiatan Umrah

Setelah bertemu dan berbincang dengan banyak Jamaah Haji lintas negara, Encang jadi bersyukur menjadi Jamaah Haji Indonesia. Alasannya:

1. Biaya haji kita paling murah dibandingkan dengan negara tetangga  seperti Malaysia. Meski sama-sama di kisaran 32-36 jutaan tapi Jamaah haji indonesia mendapat cash back 1500 riyal (sekitar 6 juta rupiah) untuk living cost. Jadi sebetulnya kita hanya membayar sekitar 27-29 juta saja. Bahkan beberapa negara yang jaraknya ga terlalu jauh dari Saudi seperti negara-negara afrika utara itu dikisaran 25-35 juta juga bayarnya.

2. Waktu tinggal paling lama. Kebanyakan Jamaah haji yang Encang temui misalnya dari Malaysia, Mesir, Aljajair, Tunisia hanya tinggal di mekkah dan madinah selama 25 hari. Bandingkan dengan Jamaah haji Indonesia yang mencapai 42 hari! Puas!

3. Kita adalah negara yang diberi kuota Jamaah paling banyak di dunia. Misalnya di 2019 ini, ada 230.000 Jamaah. Yang mengalahkan kita hanya Arab Saudi sendiri dengan 600.000 Jamaah haji.

4. Petugas haji Indonesia mudah ditemukan dimana-mana. Baik petugas kesehatan maupun petugas pendukung dapat dengan mudah didapati di setiap tempat syiar haji.

5. Citra positif dari negara lain. Alhamdulillah.. Polisi, tentara, dan Jamaah haji dari negara lain selalu memuji Jamaah haji Indonesia karena ketinggian akhlaqnya. Kita dikenal Jamaah yang mudah diatur dan sangat sopan. Murah senyum dan menjaga adab.

6. Ternyata antrian haji yang sangat lama pun dialami oleh negara lain. Misalnya Malaysia antrian hajinya mencapai 20-40 tahun. Tunisia 7 tahun. Al Jazair 8-10 tahun. Mesir 4-7 tahun. Awalnya Encang kira negara tetangga Saudi kalau mau haji tinggal pergi aja.

Demikian hasil pengalaman Encang. Jazakumllah khairal jazaa untuk pengurus haji Arab Saudi dan Indonesia yang benar-benar memuliakan para tamu-tamu Allah. Semoga Allah balas dengan surga tertinggi.

Mau umrah? Paket oktober 12 hari cuma 21.5 juta! Klik www.umrah.bisa.id atau WA Encang 081314667860.

Leave a Reply